Senin, 21 Februari 2011

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI ASBABUN NUZUL

Asbabun Nuzul tidak bisa diketahui semata-mata dengan akal (rasio), tidak lain mengetahuinya harus berdasarkan riwayat yang shahih dan didengar langsung dari orang-orang yang mengetahui turunnya Al-Qur'an, atau dari orang-orang yang memahami Asbabun Nuzul,lalu mereka menelitinya dengan cermat, baik dari kalangan sahabat, tabi'in atau lainnya. dengan catatan pengetahuan mereka diperoleh dari ulama-ulama yang dapat dipercaya.

Ibnu Sirin mengatakan saya pernah bertanya kepada Abidah tentang satu ayat Al-Qur'an, beliau menjawab: "Bertaqwalah kepada Allah dan berkatalah yang benar sebagaimana orang-orang yang mengetahui dimana Al-Qur'an turun".
Cara mengetahui Asbabun Nuzul berupa riwayat yang shahih adalah:

1.Apabila perawi sendiri menyatakan 1afazh sebab secara tegas. Dalam hal ini tentu merupakan nash yang nyata, seperti kata-kataperawi, "sebab turun ayat ini begini.........."

2. Bila perawi menyatakan riwayatnya dengan memasukkan huruf "fa' ta'qibiyah" pada kata "Nazala" riwayat yang demikian juga merupakan nash yang sharih dalam sebab Nujul Terkadang ada suatu bentuk ungkapan yang tidak menyatakan Sebab Nuzul yang tegas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

b,i,a